WAKIL MAN KOTA TEGAL TEMBUS 50 BESAR NASIONAL DUTA MODERASI BERAGAMA

WAKIL MAN KOTA TEGAL TEMBUS 50 BESAR NASIONAL DUTA MODERASI BERAGAMA

TEGAL – Langkah Hasthin Aulia dalam pemilihan Duta Moderasi Beragama 2021 belum terbendung. Wakil MAN Kota Tegal ini sukses lolos seleksi dari tahap II dalam ajang bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Direktorat Kurikulum, Sarana, dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KKSK Madrasah) Kementerian Agama Republik Indonesia tersebut.

Hasthin termasuk satu dari 50 peserta yang terpilih dalam seleksi tahap II pada pemilihan Duta Moderasi Beragama ini. Sebelum menembus 50 besar nasional, siswa kelas X program Keagamaan dan Islamic Boarding School (IBS) MAN Kota Tegal ini merangsek ke babak 100 besar setelah bersaing dengan sekitar 700 siswa seluru Madrasah Aliyah (MA) di Tanah Air.

Keberhasilan Hasthin menohok ke tahap 50 besar nasional pemilihan Duta Moderasi Beragama ditetapkan lewat surat pengumuman dari Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI Nomor: B-1979/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2021 tertanggal 28 Juni 2021. Dalam surat pengumuman tersebut, Hasthin tertera pada urutan ke-2 setelah wakil dari MAN 1 Yogyakarta, Nayla Ilma Kauna.

Hasthin termasuk satu dari 12 peserta asal Provinsi Jawa Tengah yang sukses lolos ke tahap II pemilihan Duta Moderasi Beragama tingkat nasional. Madrasah Aliyah se-provinsi Jawa Tengah yang juga sukses membawa wakilnya lolos ke babak 50 besar yakni MAN Demak, MAN 1 Kabupaten Semarang, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Karanganyar, MA Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes, MAN 1 Pati, MAN Temanggung, MAN 1 Kebumen, MAN 1 Kudus, MA Keterampilan Al Irsyad Demak, dan MAN 2 Kudus.

Alhamdulillah, saya bisa sejauh ini bisa sampai lolos ke 50 besar. Saya sangat bersyukur. Ini juga berkat dukungan semua guru-guru MAN Kota Tegal dan teman-teman semua yang tak bisa disebutkan satu persatu. Ucapan terima kasih juga buat Bapak Kepala MAN Kota Tegal, Drs. H. Tobari, M.Ag., atas segala support-nya,” ujar Hasthin, Selasa (29/6/2021).

Namun perjuangan Hasthin untuk menjadi Duta Moderasi belum berakhir. Siswa yang berdomisili di Desa Kamanggungan RT 06/RW 02 Tarub Kabupaten Tegal ini akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, Selasa mendatang. Pada tahapan tersebut, program Hasthin yang mengangkat judul “Menyemai Benih Moderasi Beragama Sejak Dini Melalui TPQ” ini akan di-review dewan juri dan mendapatkan persiapan pendampingan dari panitia pusat untuk mengaktualisasikan rencana aksinya. (Han/Sat)

Satori
Author: Satori