UJI MENTAL DAN ADU WAWASAN PADA WAWANCARA CALON PENGURUS OSIS

UJI MENTAL DAN ADU WAWASAN PADA WAWANCARA CALON PENGURUS OSIS

TEGAL – Sebanyak 53 siswa dari Kelas X dan Kelas XI MAN Kota Tegal mengikuti tahap wawancara dalam Seleksi  Pengurus OSIS 2021/2022.

Wawancara bagi calon pengurus salah satu organisasi siswa terbesar di MAN Kota Tegal ini dilaksanakan selama empat hari yakni, Jumat (6/8), Sabtu (7/8), Senin (9/8), dan Selasa (10/8). Rata-rata terdapat 10 sampai 19 siswa per hari dalam wawancara tersebut.

Para peserta ini digembleng mental dan beradu wawasannya pada tahap wawancara ini. Dalam rangkaian wawancara tersebut, masing-masing peserta harus menghadapi 11 tahapan wawancara individu, yakni satu tahapan di hadapan pengurus inti dan 10 tahapan di hadapan 10 sekbid OSIS 2020/2021. Tema wawancara pun disesuaikan dengan tugas dan fungsi jabatan dari pewawancara, seperti topik kepemimpinan bersama ketua dan wakil ketua OSIS, tentang keagamaan bersama  Sekbid I,tentang etika di hadapan Sekbid II, dan wawasan kebangsaan bersama Sekbid III.

Wawancara tersebut dilakukan di empat ruang berbeda yang telah disediakan panitia seleksi. Peserta seleksi pengurus OSIS pun diuji mentalnya ketika menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan tim seleksi.

Selain harus melakoni wawancara individu, peserta juga beradu wawasan pada diskusi bersama. Tema diskusi yang diajukan berbeda tiap harinya. Format diskusinya sendiri menggunakan tim pro dan kontra terhadap sebuah permasalahan,  hingga dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk beradu argumen menanggapi topik tertentu. Dalam diskusi inilah peserta  sekaligus diuji kemampuan dalam public speaking ketika mengemukanan pendapat dan pikiran di hadapan semua peserta dan tim seleksi.

“Pengurus OSIS harus memiliki mental kuat dan berwawasan luas, serta harus memiliki attitude yang baik. Untuk itu, berbagai format dilakukan agar terseleksi  calon-calon pengurus OSIS yang kompeten,” ujar Wakil Kepala MAN Kota Tegal bagian Kesiswaan, Sri Rejeki. S.E, mewakili Kepala MAN Kota Tegal, Drs. H. Tobari, M.Ag.

Seleksi Pengurus OSIS MAN Kota Tegal 2021/2022 disambut antusias siswa-siswa MAN Kota Tegal. Sebelum tahap wawancara, mereka telah dinyatakan lolos tahap administrasi. Total terdapat 59 siswa yang mengisi formulir pendaftaran seleksi pengurus OSIS 2021/2022, di mana 53 di antaranya ditanyakan lolos ke tahap wawancara.

Pelaksanaan wawancara dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Pengumuman hasil wawancara  seleksi pengurus OSIS MAN Kota Tegal 2021/2022 akan dilaksanakan paling lambat dua pekan sejak hari terakhir wawancara, atau sebelum Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkotes) baru. 

Satori
Author: Satori